Cara Menambahkan Gadget di Blogspot - Ahli Teknology
Advertisement
Advertisement

Cara Menambahkan Gadget di Blogspot

Gadget atau Widget pada Blogspot adalah kolom area yang berisikan fitur opsional dan akan tampil di sekitar konten blog, bisa di sisi kanan atau kiri konten (sidebar), sisi atas (header), dan sisi bawah (footer).

Sebagai contoh, pada halaman ini terdapat gadget cuplikan artikel terbaru di sebelah kanan artikel. Selain itu, juga terdapat banner iklan di sisi atas. Kedua fitur tersebut ditambahkan melalui gadget.

Contoh fitur blog yang dihasilkan dari gadget
Kamu bisa menambahkan banyak sekali pilihan gadget di Blogspot seperti postingan popular, statistik blog, fitur terjemahan, gambar, label dan lainnya.

Beberapa pilihan gadget bawaan Blogspot
Selain gadget bawaan yang disediakan Blogspot, fitur gadget dari pihak ketiga pun bisa ditambahkan melalui opsi gadget HTML/JavaScript. Jadi kamu bisa menambahkan foto-foto dari Instagram, tombol share ke media sosial, hingga iklan untuk menghasilkan uang melalui blog.


Gadget dari pihak ketiga biasanya berupa kode script yang akan tampil fiturnya jika kita salin dan simpan melalui gadget HTML/JavaScript.

Langkah-langkah menambahkan gadget di Blogspot:

1. Login blogger.com menggunakan akun Google kamu. Jika kamu belum punya akun Google, klik link berikut untuk mengetahui caranya Cara Buat Blog Sendiri di Blogspot.


2. Pada menu di sebelah kiri, klik Layout.


3. Klik + Add a Gadget untuk menambahkan gadget baru. Perhatikan keterangan lokasi + Add a Gadget, setiap grup gadget memiliki penempatan lokasinya masing-masing, apakah di sisi kiri, kanan, atas atau bawah. Pada contoh ini dipilih penempatan gadget di sisi kiri bawah.

4. Pilih salah satu gadget yang akan kamu tampilkan. Sebagai contoh dipilih gadget Blog Search yang berguna untuk menampilkan kolom pencarian agar pengunjung blog dapat menemukan konten yang dicari lebih mudah.


5. Tambahkan judul gadget kemudian klik Save.


6. Lakukan Save kembali pada halaman Layout di bagian bawah.

7. Akses blog kamu, gadget baru akan tampil di semua halaman.

Baca juga:

Cara Menambahkan Halaman di Blogspot

Cara Posting Artikel di Blogspot
Tulis Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Cara Menambahkan Gadget di Blogspot"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel