Intel Beberkan Processor 10 nm Mereka! - Ahli Teknology
Advertisement
Advertisement

Intel Beberkan Processor 10 nm Mereka!

 AhliTeknology - Sesudah bergelut dengan fabrikasi 14 nm saat beberapa waktu paling akhir ini, Intel pada akhirnya berjalan mendekat ke fabrikasi yang lebih moderen, 10 nm. Di CES 2019, Intel membuka beberapa detil berkaitan prosesor-prosesor yang mereka sediakan, dengan fabrikasi 10 nm itu. Apa sajakah? Satu perihal yang tentu, Intel tidak cuma mempersiapkan processor 10 nm untuk desktop serta laptop saja! 

Ice Lake, Lakefield, serta Snow Ridge Ada sekurang-kurangnya 3 codename yang dijelaskan Intel berkaitan processor 10 nm mereka, yakni Ice Lake, Lakefield, serta Snow Ridge. Di panggung acara Intel di CES 2019, Gregory Bryant, Senior VP, Klien Computing Grup, serta Navin Shenoy, Executive VP, Data Center Grup, memberi beberapa info awal berkaitan ke-3 codename itu. Ketiganya akan berbuntut ke perihal yang berlainan yang tentu saja mempunyai arah pemakaian unik semasing. 


Ice Lake akan ada menjadi processor yang “umum kita kenal”, dengan arsitektur baru yang dikatakan sebagai Sunny Cove. Ada di ranah mobile, Ice Lake ini akan tawarkan banyak hal baru, tidak hanya fabrikasi 10 nm serta arsitektur Sunny Cove, seperti unit pengolah grafis terintegrasi Gen. 11, yang dimaksud tawarkan perform yang tambah lebih tinggi dari yang sampai kini di tawarkan oleh pengolah grafis terintegrasi garapan Intel di processor mereka. Diluar itu, processor ini akan mengangkat integrasi WiFi Gen. 6 (WiFi AX), Thunderbolt 3, dan set petunjuk “DL-Boost” untuk akselerasi beberapa perihal berkaitan AI. Satu perihal yang menarik berkaitan Ice Lake ini, Sam Burd, dari Del, yang diundang ke atas panggung oleh Gregory Bryant, mengatakan jika produk perdana mereka dengan Ice Lake bisa saja akan siap untuk “musim liburan” tahun ini, yang bisa jadi mengacu ke periode bulan Juli – Agustus yang akan datang, bersamaan dengan libur musim panas di beberapa negara. 



Gregory Bryant serta Sam Burd Tidak hanya processor mobile, Ice Lake akan ada berbentuk processor server, menjadi penerus dari Cascade Lake yang akan ada dalam tempo dekat ini. Processor Ice Lake di server, tidak hanya tawarkan penambahan dari bagian perform, pun dimaksud Intel akan tawarkan potensi keamanan yang lebih baik kembali. Intel mempersiapkan processor Ice Lake ini untuk launching seputar tahun 2020 yang akan datang. 


Board Lakefield dengan Hybrid CPU. Berubah ke Lakefield, ini ialah satu klien basis, dengan processor 10 nm, yang sangat mungkin produsen piranti/OEM untuk membuahkan piranti untuk mobilitas tinggi yang lebih singkat kembali. Processor yang dipakai di klien basis ini ada dengan design Hybrid CPU, dengan Foveros 3D packaging technology, dimana Intel “menumpuk” processor, beberapa elemen I/O, serta ingatan di pada suatu chip, hingga sangat mungkin board yang lebih singkat sebab beberapa elemen telah ada pada processor. Hybrid CPU yang dipakai di Lakefield ini sendiri ada dengan 5-core, dengan 1 core Sunny Cove serta 4 core berbasiskan Atom. Piranti berbasiskan Lakefield, yang tentu saja akan ada menjadi piranti singkat yang irit daya, ini dimaksud akan ada tahun ini. 



Paling akhir, ada pula Snow Ridge, yang disebut satu produk yang unik. Snow Ridge bukan dipakai di desktop, laptop, atau server. Bukan pun dipakai di smartphone, meskipun miliki hubungan dengan telekomunikasi. Produk ini ialah satu SoC yang diperuntukkan untuk pemakaian di base station, atau yang mungkin lebih kita kenal menjadi “BTS”, untuk operator telekomunikasi pancarkan tanda seluler ke pemakai service mereka. 



Snow Ridge akan sangat mungkin hadirnya satu BTS 5G yang lebih pandai, dapat tawarkan semakin banyak perihal sebab integrasi arsitektur garapan Intel dalam suatu tempat yang awal mulanya belumlah mereka jangkau. Manfaatkan Snow Ridge ini, satu BTS akan dapat tawarkan throughput sampai 100 Gbps, dengan potensi pemrosesan prioritas paket, hingga sangat mungkin paket data di jaringan 5G yang terpenting, atau bahkan juga critical, memperoleh prioritas yang tambah tinggi dari paket-paket biasa. Ini adalah satu langkah baru buat Intel, serta diinginkan mulai bisa mereka kerjakan di paruh ke-2 tahun ini. 

Tak ada versi Desktop? Lihat deretan produk 10 nm Intel diatas, satu perihal yang kemungkinan ditanyakan ialah apa 10 nm ini tidak ada di processor versi desktop. Di acara Intel di CES 2019 ini, Intel memanglah belum mengulas processor 10 nm untuk desktop, tetapi itu tidak bermakna tidak ada processor 10 nm di desktop. Intel mungkin belum juga ingin mengulas produk processor desktop 10 nm mereka, tapi mereka masih mempersiapkan processor desktop 10 nm, yang baru akan dikenalkan di masa datang.
Tulis Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel